Laman

30 Juni 2015

Kekecewaan Terhadap Sebuah Aplikasi

Koncha!

Hari ini mau frontal dulu ah! *straightforward mode: on* 
Hampir semua orang yang punya smartphone di Indonesia menggunakan aplikasi LINE. Termasuk aku dan teman-temanku. Alasanku menggunakan aplikasi ini udah pasti karena banyak teman yang menggunakan aplikasi yang sama, selain itu aplikasi ini punya banyak game dan fitur-fitur menyenangkan.

Belakangan ini LINE membuat fitur baru yaitu "share" post lewat timeline ke seluruh teman kalian kan? Tapi kalo pendapat pribadi aku nggak begitu suka fitur ini. Bahkan aku sampe cari cara buat menonaktifkan timeline-ku sendiri. Walaupun, selama bulan Ramadhan ini yang di share, Alhamdulillah, yang bermanfaat bagi yang baca. Tapi, sebelum-sebelumnya hal yang bukan jadi minat-ku masuk dan menuhin timeline, padahal aku nggak add account unofficial tersebut (karena accout official LINE ada lambang perisai warna hijau di home nya).

Aku lebih seneng baca timeline orang-orang yang kukenal, Kegiatan apa yang mereka lakukan hari ini, Sticker-sticker yang gambarin perasaan mereka, apa yang mereka liat di jalan, kejadian lucu hari ini, interaksi sama orang yang mereka kenal. Baca timeline juga bisa menghibur hati sendiri (walaupun masih banyak cara lain).

Sebenernya juga isi timeline ku nggak pernah penting sih, sebagian fangirling yang bahkan orang-orang nggak ngerti apa yang aku omongin, sebagiannya lagi ngomongin perasaanku terhadap suatu hal. Kadang juga aku pake kata ambigu, atau nggak nyebut subjek sama sekali biar yang baca juga tambah nggak ngerti. 

Tapi tetep aja, kalo isi timeline ku sendiri isinya nggak asli dari temen sendiri melainkan share dari account unofficial orang lain rasanya... well, nggak bisa di deskripsikan. Aku nggak add account tersebut ya memang karena aku nggak mau liat apa aja isinya. Dengan adanya fitur ini, apa yang nggak ingin aku liat justru terpampang jelas di timeline ku. Kecuali, share dari account-account yang bisa nambah pengetahuan tentang agama. Tapi kalau sekedar quote-quote galau, ugh.. sekali lagi nggak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. (!@&#:$!*#%?).

Lain halnya kalau share link ke post timeline, Temen-temenku suka share link blog mereka, youtube, atau link-link lainnya. Yang aku omongin disini cuma share dari account unofficial.

Dulu juga aku pernah add satu atau dua account yang bermanfaat (salah satunya nggak). Tapi account ini dua-duanya berubah. Yang satu jadi suka sebar-sebar quote juga, padahal quote nya itu udah terkenal banget dan suka muncul di beberapa Social Media, yang satu lagi nggak ngerti jadi apaan :( sampai akhirnya ku block semua.

Padahal dulu aplikasi ini punya cara untuk menonaktifkan timeline kita, tinggal switch on atau switch off di setting. Tapi setelah muncul hal baru kayak yang satu ini, aku nggak nemu tombol itu lagi. Aku pernah cari tau di google tapi nggak ada yang nyebut tentang menonaktifkan timeline. Atau.. hanya handphone khusus yang bisa menonaktifkan timeline? Satu-satunya hal yang kudapat adalah menonaktifkan tombol share kalau kita like post temen sendiri, jadi nggak ada option untuk share ke timeline.

Cara lain untuk membuat timeline bersih (mungkin satu-satunya) hide seluruh orang yang berteman di aplikasi itu. Tapi nggak mungkin! Aku nggak pernah dan nggak mungkin bisa hide semua orang LOL! I don't hate them. 

Satu hal yang bisa kulakukan akhirya nggak buka timeline sama sekali. Tapi siapa yang bisa nahan godaan ketika dibagian bawah layar handphone kita ada lambang kecil berwarna merah dengan huruf "N" (untuk new sepertinya), rasanya pingin cepet-cepet di ilangin, eh pas dibuka akhirnya malah scroll kebawah.. Huff..

Satu kata yang dapat kusimpulkan adalah "Kecewa".
Namun, setiap hal ada positif dan negatifnya, semoga kita lebih banyak mendapat yang positif nya daripada yang negatif :)

Jya nee~

Tidak ada komentar:

Entri Populer